Destinasi Wisata Sejarah Di Malang

Selain dikenal memiliki potensi wisata alam yang luar biasa, Malang juga kaya akan sejarah. Hal tersebut diperkuat dnegan ditemukannya beberapa peninggalan kerajaan yang dulu pernah berkuasa di daerah ini. Beberapa peninggalan tersebut berupa candi dan dijadikan sebagai destinasi wisata di Malang. Penasaran candi mana saja? Yuk langsung simak di bawah ini.

Candi Singosari

Candi Singosari adalah salah satu destinasi wisata budaya di Malang yang bisa dijadikan tujuan wisatmu saat berkunjung ke Kota Malang. Candi peninggalan kerajaan Singosari ini sangat terkenal loh di Jawa Timur. Candi ini juga menjadi bukit harmonisnya buda Hindu dan Budha yang dianut oleh Kerajaan Singosari. Hal ini juga makin diperkuat dengan ditemukannya beberapa arca yang menjadi symbol agama dan budaya kedua agam tersebut.

Candi yang pertama kali ditemukan oleh orang Belanda ini mengalami pemugaran saat Belanda masih menduduki Indonesia. Karena itulah beberapa bagian ruruntuhan candi tersimpan di museum yang ada di negara Belanda.

Candi ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Raja Kertanegara yang merupakan raja terakhir Kerajaan Singosari. Katanya, candi ini juuga punya legenda tentang kutukan Keris Mpu Gandring yang berujung pada pertumpahan darah di Kerajaan Singosari. Karena berada di dataran tinggi, udaranya pun terasa sangat sejuk dan asri. Belajar budaya sambil menikmati alam tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa kamu alami di Malang.

Candi Kidal

Wisata sejarahmu di Malang tidak lengkap kalau belum mampir ke Candi Kidal. Candi Hindu yang konon dibangun sebagai tanda penghormatan kepada Raja Anusapati ini ditemukan dalam kondisinya yang tidak utuh. Ciri khas dari candi ini adalah adanya patung garuda yang berada di setiap sisi kaki candinya. Patung tersebut menggambarkan kisah pengbdian dan cinta dari Garudeya, yaitu seekor elang yang menyelamatkan ibunya dari perbudakan.

Bukan saja nilai budaya dan sejarahnya yang kental, candi ini juga punya pemandangan yang memukau. Candi ini terletak di tengah taman yang tidak jauh dari perumahan warga, sehingga aksesnya pun sangat mudah untuk dijangkau.

Sekarang kamu tahu kan kalau liburan bukan melulu soal wisata alam atau wisata kuliner saja. Wisata sejarah dan budaya juga dapat menjadi agenda liburan yang tidak boleh terlewatkan. Apalagi kalau ke Malang, tentu banyak sekali destinasi wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi. Biar liburanmu nanti tidak melenceng dari jadwal dan budget, ada baiknya untuk melakukan perencanaan terlebih dahulu. Selain tiket tranportaasi, hal lain yang harus kamu perhatikan adalah penginapan dan tiket masuk destinasi. Ngomong-ngomong soal tiket, jangan khawatir karena di Malang banyak kok spot keren yang punya harga tiket murah, malah ada juga yang gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *