Peralatan highrope outbound di malang

Peralatan highrope outbound di malang

Dalam suatu kegiatan outbound di malang, akan terasa tidak lengkap jika tidak ada high ropes games. Games ini termasuk dalam kategori high impact outbound, jadi dibutuhkan peralatan yang memadai dan mempunyai tingkat safety yang tinggi serta instruktur atau tenaga operator yang mempunyai pengalaman cukup di bidangnya. Fyi games outbound high rope ini adalah jenis permainan outbound yang kegiatannya dilakukan di atas ketinggian. Permsainan ini dilakuakn dengan cara berjalan, meluncur, atau melompat dari ketinggian tertentu.

Dikemas dengan fun, seru dan ceria akan tetapi harus tetap menggunakan peralatan sesuai standard maksimal, terkadang game outbound highrope juga dipakai untuk pelengkap kegiatan outbound kids, family gathering, team building dan kegiatan lain yang bisa dipadukan dengan game tersebut.

Beberapa contoh games high rope ialah cargo net, flying fox, two linw bridge dll. Kita ambiul salah satu contohnya yaitu flying fox yang merupakan game yang diadaptasi dari pelatihan militer, game ini dilakukan dengancara meluncur dari ketinggian dengan menggunakan wirw cabel baja, serta sejumblah pengaman berupa carnmantel sebagai alat safety.

Di kegiatan outbound training yang menggunakan games high rope, peralatan yang digunakn harus bener bener aman sesuai SNI, maka harus dipilih peralatan yang sesuai dengan kriteria unutk melaksanakan kegiatan outbound.

Harus diingat kegiatan games high rope ini memiliki resiko yang cukup tinggi sehingga kamu harus tetap berhati hati dan mamakai perlatan pengaman yang lengkap. Dan jangan coba coba melakukan outbound highrope jika kamu tidak didampingi oleh instruktur yang ahli dan berpengalaman.

Berikut beberapa daftar peralatan yang harus kamu gunakan jika ingin melakukan kegiatan high rope.

1. Harness. Ada banyak berbagai macam harness. Mulai dari produk lokal hingga produk import bermerk contohnnya seperti PETZL, CAMP, BEAL. Wajib memilih harness yang bagus dan berkualitas. Agar peserta outbound training kamu merasa aman serta nyaman.

2. Carabiner. Kamu harus mencari carabiner yang benar-benar kuat. Fungsi carabiner sendiri adalah sebagai pengaman yang menghubungkan kamu dengan tali.

3.  Figur Of  Eight. Peralatan yang satu ini Sangat diperlukan, biasanya digunkan untuk melakukan pengereman / rem.

4. Carmantel Dynamic.  Alat ini merupakan tali yang mempunyai daya kelenturan sampai 30% dan mempunyai kekuatan beban hingga 2 ton. Akan sangat cocok dipakai untuk repeling, tali pengaman, ataupun tali utama

5. Carmantel Static.

6. Klem. Merupakan sebuah alat yang digunakan sebagai pengikat/pengunci. Terutama buat kamu yang menggunakan sling baja.

7. Sling Baja. merupakan alat utama untuk yang digunakan melakukan kegiatan high rope. Sling baja juga banyak berbagai macamnya. Untuk kegiatan high rope jika seperti Flying fox, gunakanlah sling baja  besarnya minimal 10 mm. Dan jangan sampai lupa, gunakanlah 2 sling : 1 sebagai tali utama dan satunya lagi sebagai tali pengaman.

8. Tali Kuralon. Biasanya digunakan sebagai tali pendukung. sebagai pengereman, dll

9. Ascender. Adalah sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah kamu jika ingin memanjat/turun menggunakan tali.

10. Pulley Tandem . Adalah sebuah alat pelengkap untuk kegiatan flying fox.

11. Pulley. Digunkan sebagai pulley pengaman, seperti digunakan untuk meluncurkan peserta outbound dengan menggunakan sling baja.

12. Spanscrew.

13. Webbing. alat ini sangat cocok digunakan sebagai pengaman. atau Bisa juga berfungsi sebagai pengganti harness

14. Helm. Harus selalu menggunakan helm apabila kamu melakukan kegiatan high rope

Leave a Reply