Games building dalam outbound

Outbound di Pujon Malang - https://allianceforworkers.org

Sebuah game atau kegiatan building harus memberikan sebuah wawasan, edukasi, sekaligus menyenangkan. Aktivitas ini membantu sebuah tim mengenal sesama anggota dengan lebih baik – melalui cara berpikir, berkerja, menyelesaikan masalah, dan bergembira bersama. Hal ini tentunya penting, karena seperti yang di ulas pada artikel sebelumnya tentang manfaat team building bagi perusahaan, maka games team bulding dapat menstimulus aktivitas team dengan baik. Ada beberapa games team building yang patut anda coba untuk kegiatan outbound.

Games building

  1. Scavenger hunt ( pemburuan barang ).

Permainan ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Jumlah peserta biasanya berjumlah dengan di bentuknya du grub kecil atau lebih. Cara bermainya dengan membuat daftar tugas yang aneh untuk dilkuakan oleh tim. Contohnya seperti tantangan bisa berselfie dengan orang yang tidak kita kenal, memotret sebuah benda atau bangunan di sekitar atau sebagainya. Berikan daftarnya kepada setiap tim beserta deadline. Tim yang menyelesaikan tugas dengan cepat adalah tim yang menang. Game ini bertujuan untuk membantu menjalin hubungan dan merobohkan  tembok pemisah dengan mendorong karyawan bekerja sama dengan karyawan dari departemen lain.

2. Human knot ( ikatan manusia ).

Permainan ini membutuhkan waktu sekitar 15 – 30 menit. Jumlah pesertanya bisa 8 – 20 orang. Bermainya dengan cara semua beserta berdiri dalam lingkaran menghadap satu sama lain, bahu dengan bahu. Suruh setiap orang untuk mengeluarkan tangan kanan dan mengambil tangan seseorang depanya secara acak. Kemudian, suruh mereka mengeluarkan tangan kiri dan mengambil tangan orang lain. Dalam waktu yang telah di tetapkan, grub ini harus melepaskan ikatan tanpa melepas tangan mereka. Jika grub yang dibuat terlalu besar, buat lingkaran – lingkaran yang lebih kecil dan grub – grub kecil ini bisa bertanding bersama. Game ini bertujuan untuk bergantung pada komunikasi yang lebih baik dan sebuah kerja sama tim.

3. The perfect square ( kubus sempurna ).

Permainan ini membutuhkan waktu sekitar 15 – 30 menit. Peralatan yang dibutuhkan adalah sebuah tali panjang yang diikat bersama dan menutup mata untuk setiap orangnya. Cara bermainnya berdiri dalam lingkaran dan memegang sebuah tali. Kemudian suruhlah semua orang untuk memakai pnutup mata dan taruh talinya di lantai. Kemudian setiap orang harus mundur sedikit dari lingkaran. Setelah itu, mintalah semua orang untuk maju dan berusaha membentuk sebuah kubus tanpa membuka penutup mata. Berikan waktu sedikit supaya lebih menarik. Untuk membuatnya lebih susah, beberapa anggota tim seharusnya tidak mengeluarkan suara. Game ini bertujuan untuk berfokus pada komunikasi yang kuat dan sebuah skill kepemimpinan. Dengan menyuruh beberapa anggota diam, permainan ini juga membutuhkan kepercayaan tim di mana mereka harus saling menentukan arah yang benar.

Pemilihan permainan di atas merupakan pilihan yang paling banyak di pilih dalam sebuah kegiatan outbound, dan dianggap efektif memeberikan manfaat bagi solidaritas, kebersamaan serta kerjasama dalam sebuah tim. Dengan mengetahui beberapa permainan dalam kegiatan outbound seperti di atas. Pilihlah permainan yang sesuai dengan target yang akan di pilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *